Sepekan di Barcelona: Terpesona Mahakarya Antoni Gaudi

sagrada familia(1)

Sagrada Familia, salah satu mahakarya Antoni Gaudi

Bagi penggemar sepakbola, Camp Nou dan nonton aksi Lionel Messi menjadi destinasi mandatori saat melancong ke Barcelona. Tapi, saya juga terpikat bangunan artistik mahakarya Antonio Gaudi.

Situs informasi traveling dunia, TripAdvisor, menempatkan Barcelona di peringkat keenam destinasi wisata terbaik 2018. Sebelum pengumuman itu, saya kesempatan menyambangi kota tersebut akhir Februari 2018.

Bersama rombongan dari negara-negara Asia Tenggara, kami mendapatkan undangan dari La Liga dan BeIN Sport, untuk menyambangi markas dua tim Catalan di La Liga, kandang Barcelona di Camp Nou dan kandang Espanyol di RCDE Stadium. Selain itu, kami mendapatkan bonus singgah sejenak di stadion monumental milik kota itu, Olympic Stadium yang dijadikan venue pembukaan dan penutupan Olimpiade 1992. Itu lho di olimpiade yang Susy Susanti dan Alan Budi Kusuma meraih medali emas.

Selain sepakbola dan peradaban yang dibangun kembali lewat olahraga, Barcelona merupakan kota tang memiliki bangunan artistik mahakarya Antonio Gaudi. Mereka bahkan memiliki tagline: Barcelona is Gaudi city. Barcelona adalah kota Gaudi.

Untuk generasi 90-an macam saya, dijamin bakal etrmehek-mehek dengan bangunan-bangunan Gaudi. Di sinilah sebagian kisah Tao Ming Tze dan Sanchai di F4 dibangun.

Ini sebagian bangunan karya Gaudi yang sempat saya singgahi. Nggak semuanya sempat dimasuki dan menjelajahi dengan intens.

1. Sagrada Familia

IMG-4176

Sagrada Familia

Sagrada Familia, sebuah gereja katolik yang berada di tengah kota Barcelona. Boleh dibilang, ini landmark Barcelona. Dibangun mulai 1882 dan belum selesai sampai sekarang. Sagrada Famili ditargetkan selesai pada 2026, bertepatan dengan 1 abad meninggalnya Gaudi.

Kemegahan gereja yang ada di tengah kota Barcelona itu bisa disaksikan sejak dari luar. Setiap detail ornamen memiliki makna tertantu. Sagrada Familia memiliki tiga dinding: nativity, passion, dan glory dan 18 menara dengan yang paling tengah didedikasikan untuk Yesus Kristus.

Harga tiket berbeda-beda sesuai dengan kategori yang ditawarkan. Sekadar eksplorasi cuma butuh membayar tiket 15 euro, dengan guide audio 22 euro, didampingi guide 24 euro.

“Saya sering ke sini. Sekadar duduk-duduk di sini untuk menggambar,” kata Laurie, salah satu pengunjung dari Belgia.

Saya bahkand ua kali singgah di Sagrada Familia. Pertama, saat bersama-sama rombongan. Kedua, di amsa extend.

Buat yang datang akhir pekan, sebaiknya memessan tiket masuk lewat online. Itu untuk memotong waktu atrian. Rekomendasi itu berlaku untuk destinasi wisata lain di Barcelona lho.

2. Casa Batllo

casa batllo(1)

Casa Batllo

Bangunan lain karya Gaudi yang ada di tengah kota adalah Casa Batllo. Bangunan itu berada di Passeig de Gracia, di antara butik-butik fashion merk terkemuka.

Fasad Casa Batllo mencolok dengan dinding warna-warni trencandis, seni mozaik Catalunya. Bangunan itu juga memiliki jendela dan pintu yang tak lumrah, tidak bersudut dan memiliki balkon dengan penampakan sisik, yang kemudian dijelaskan sebagai sisik naga.

Ini bangunan yang membuat saya kepincut sejak awal. Melihat dinding dan atap, saya lantas bilang dalam hati: pokoknya harus masuk.

Saat keliling kota bersama rombongan, saya cuma dapat kesempatan lewat doank. Kisah bangunan itu diceritakan oleh guide yang disediakan.

Nah, pas periode extend saya pun singgah. Salah strategi. Mestinya, saya pesan tiket amsuk online karena membeli tiket on the spot antriannya lumayan bikin pegel dan buang-buang waktu.

Saat tiba di depan museum itu, tak sedikit lho pengunjung yang datang untuk menggambar bangunan dari luar. Mereka menggambar sambil berdiri. Tapi, memang lebih banyak yang foto.

Untuk menjelajahi museum itu, pengunjung dimudahkan dengan guide audio dan video untuk memahami detail bangunan tersebut. Sesi foto di salah satu balkon juga ditawarkan. Hanya saja harganya tak termasuk tiket masuk. Satu foto dihargai 18 euro atau sekitar Rp 305.000 ribu.

Tak perlu khawatir untuk urusan oleh-oleh. Salah satu lantai di Casta Batllo dikhususkan untuk toko souvenir. Temanya, sangat Casa Batllo. Dari buku, tempelan kulkas, coklat, gantungan kunci, sampai mug dan miniatur Casa Batllo.

3. Casa Milla

IMG-4252

Casa Milla

Bangunan ini menonjol ketimbang deretan gedung di sekitarnya. Tak ada sudut dan jendela yang simetris. Casa Milla seolah menentang pakem gedung-gedung di Barcelona.

Menurut guide yang mendampingi detikTravel, Casa Milla dibangun dari gedung yang nyaris dirobohkan. Oleh Antonio Gaudi gedung itu direstorasi dengan fasad batu bergelombang.

Casa Milla dikenal juga sebagai La Pedrera atau tambang batu. Kini digunakan untuk pusat kebudayaan Catalunya. untuk menjelajah Casa Milla, harga tiketnya cukup lumayan untuk kocek rupiah, yakni sampai 41 euro atau setara dengan Rp 697.700.

Di Casa Milla ini, saya juga nggak memiliki kesempatan buat menjelajah sampai detail. kami berfoto ramai-ramai di depan bangunan dan guide memberikan keterangan soal bangunan itu.

4. Park Guell

IMG-4484(1).JPG

Park Guell, taman di pinggiran Barcelona

Park Guel juga menjadi tinggalan Gaudi yang wajib disinggahi. Taman dengan ikon kadal dari mozaik keramik ini benar-benar menjadi salahs atu kekhasan yang ditonjolkan oleh Barcelona.

Sejatinya, Park Guell merupakam proyek perumahan pribadi Eusebi Guell. Dia risau dengan polusi di tengah kota Barcelona. Guell memercayakan proyek itu kepada Gaudi.

Di area itu awalnya akan dibangun 60 rumah dengan desain hijau. Tapi, akhirnya hanya da rumah yang bisa diselesaikan, show unit dan rumah Gaudi.

Taman itu cukup luas makanya butuh waktu dan kesiapan tenaga untuk merampungkan penjelajahan. Apalagi, lokasinya ada di luar kota, detikTravel menjajal dua moda transportasi, taksi dan bus wisata Hop On Hop Off.

Tiket masuknya sih tidak mahal-mahal amat dibandingkan tinggalan Gaudi lainnya. Yakni, 8,5 euro. Hanya saja untuk memasuki area lain, misalnya bekas rumah Gaudi, dikenakan tiket berbeda, 5,5 euro.

Urusan oleh-oleh juga tak perlu pusing. Toko resmi menyediakan cukup banyak pilihan, termasuk buku-buku tentang Gaudi, arsitek gaudi, dan Taman Guell. Toko-toko di luar area taman pun menyediakan beraneka ragam pilihan oleh-oleh.

Sudah siapkan melipir ke destinasi-destinasi yang gaudi banget setelah menonton laga home Barcelona dan Espanyol atau mampir di museum dua klub itu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s