Menyusuri Flores dari Maumere ke Labuan Bajo: Lewat Darat, Laut, dan Udara (2)

IMG_0750.JPG

Etape dua Tour de Flores 2016 dimulai dari Maumere ke Ende. Kami memilih jalan di pagi buta untuk mengejar sunrise di Danau Kelimutu.

Perjalanan dari Maumere menuju Ende berjarak 141,3 kilometer. Saya dan dua rekan reporter dari Jakarta memutuskan untuk untuk pisah dari rombongan besar pada rute ini. Kami berniat mampir ke Danau Kelimutu.

Kami berharap bisa menyaksikan sunrise sekaligus menikmati secangkir kopi di sana. Sederhana, bukan?

Sekitar pukul 02.30 waktu setempat pada 20 Mei 2016, kami ditemani Pak YonPereira dan Nadia–pendamping wartawan Jepang–memulai perjalanan. Karena perjalanan cukup panjang, kami memanfaatkan untuk tidur.

Baca Juga: Menyusuri Flores dari Maumere ke Labuan Bajo: Lewat Darat, Laut, dan Udara (1)

Tahu-tahu sekitar pukul 04.30 kami sudah sampai di pintu masuk Taman Nasional Kelimutu. Setelah membayar retribusi Rp 10.000 per orang, kami segera menuju parkiran mobil dan bersiap-siap trekking.

Sebelum memulai perjalanan berbincang sebentar dengan Pak Yon. Saya menanyakan kondisi badannya dan jalur yang kami lewati. Dia bilang dia baik-baik saja. Pak Yon juga mengatakan jalan dari Maumere ke Ende sudah beraspal halus. Kontur jalanan berkelok-kelok naik dan turun terasa enak saja.

Menilik panduan race Tour de Flores 2016, jalanan memang bakal didominasi tanjakan setelah mendekati daerah Danau Kelimutu. Dengan tanjakan yang ekstrim jalur ini sekaligus diyakini bakal menjadi penentu juara TdF 2016.

Setelah itu kami segera memulai perjalanan.

Buat saya, ini bukan kali pertama ke Danau Kelimutu. Ini menjadi pengalaman kedua untuk bisa menikmati danau yang sungguh keren ini.

Baca Juga: Lima Hari di Flores, ke Mana Saja?

Dalam perjalanan pertama, saya memilih mendatangi Ende sebagai titik finis perjalanan dengan sebelumnya singgah di Moni dan trekking ke Danau Kelimutu. (Bersambung)

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212338981806566&id=1140198014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s