Pertama Kali Naik Taksi di Maroko, Simak Dulu Tipsnya

Bepergian naik taksi di Kota Marrakesh, Maroko terasa lebih nyaman dari angkutan umum lainnya. Nah, sebelum memulai perjalanan naik taksi di Marrakesh, baca dulu tips berikut ini.


Saat bertandang ke Marrakesh bulan lalu, saya memilih taksi sebagai kendaraan utama. Kebetulan hotel tempat saya menginap berada di pinggir kota dan hanya ada taksi yang tersedia.

Lagipula, saya hanya mempunyai waktu pendek untuk melancong. Maklum, saya datang ke Marrakesh dengan agenda utama liputan. Jadi seisa-bisa mungkin untuk memangkas waktu perjalanan.

Biaya dari hotel menuju Medina atau kota memang lumayan mahal. Sebab ada hitungan berbeda dari loaksi pinggir kota atau luar kota menuju ke tengah kota. Tapi, kalau sudah berada di dalam kota, argo bergerak lambat. Loaksi tempat-tempat wisata juga terkumpul dalam satu area.

“Kalau naik bus umum bisa, Mbak. Tapi lama jeda bus satu dengan yang lainnya dan biasanya sudah penuh,” kata Feby, salah satu mahasiswi Indonesia di Marrakesh.

Dari berulang kali naik taksi itu, saya mempunyai kesimpulan kalau perlu memperhatikan hal-hal berikut saat bertaksi di Marrakesh. Seperti apa?

1. Tipe taksi di Marrakesh

Ada dua tipe taksi yang umum ditemukan di Marrakesh, yaitu petit dan grand. Petit merupakan taksi kecil, kalau di Jakarta seperti taksi kebanyakan dengan mobil sedan. Satu taksi hanya bisa menampung tiga penumpang.

Satu lagi taksi grand, mobilnya lebih besar seperti Avanza atau Xenia. Taksi ini bisa menampung maksimal enam penumpang sekali jalan.

2. Pilih taksi dengan argo untuk di dalam kota

Taksi di Marrakesh sudah menggunakan argo seperti taksi resmi di Jakarta. Tapi, itu hanya berlaku untuk perjalanan di dalam kota, baik menelusuri kota tua atau kawasan di kota modern.

“Kalau masih di dalam kota, jangan mau tidak pakai argo. Sebab, biasanya biayanya tidak mahal,” kata resepsionis hotel tempat saya menginap di Maroko baru-baru ini.

3. Menawar harga jika naik taksi ke luar kota

Penggunaan argo akan berubah kalau melakukan perjalanan ke area luar Medina alias di luar kota, atau dari luar kota ke Medina. Sopir taksi akan menentukan harga dan calon penumpang berhak menawarnya.

Sebagai gambaran, biaya taksi dari Palmeraie Marrakesh ke Masjid Koutoubia senilai 100 dirham Maroko (Rp 138 ribu). Begitu pula sebaliknya. Pandai-pandailah menawar agar harga yang harus dibayar tidak terlalu mahal.

4. Jangan kaget kalau satu taksi bareng penumpang lain

Satu lagi yang berbeda dari taksi di Jakarta, taksi di Marrakesh bukan ‘milik pribadi’. Jadi, bisa saja sopir mengangkut penumpang lain di tengah jalan.

5. Gampangnya, cek harga pada stiker di kaca mobil

Kalau masih kurang yakin, cek harga taksi yang tertempel di kaca depan mobil. Tunjuk saja stiker itu kalau tak ingin kena harga selangit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s