Tips Menuju Ranowangko & Toloun, Sulawesi Utara

ranowangko

Menuju Ranowangko dan Toloun di Sulawesi Utara gampang-gampang susah. Sebaiknya menyewa kendaraan dari Manado, karena moda umum tidak mudah dijumpai.

Pantai Ranowangko dan Toloun di Kecamatan Kombi belum menjadi destinasi primadona di Sulawesi Utara. Popularitas dua pantai itu masih kalah dari Bunaken atau Bukit Doa di Tomohon.

Transportasi umum pun belum banyak. Apalagi ojek. Mobil atau motor sewaan juga masih sulit didapatkan. SoalĀ  listrik juga menjadi perhatian karena alirannya hanya ada di malam hari.

Saat saya berkunjung ke daerah itu pada akhir bulan Desember 2012, beberapa penginapan sedang dibangun. Semoga saja tidak sulit untuk mencari tempat bermalam.

Berikut tips menuju Ranowangko dan Toloun dari pengalaman saya waktu itu:

– Sebaiknya menyewa kendaraan dari Manado karena moda umum masih sulit. Hanya ada Damri yang lewat setiap dua jam sekali. Itupun ketepatan waktunya diragukan.

– Power bank menjadi bawaan wajib karena daerah tersebut hanya mengandalkan listrik tenaga matahari. Untuk penghematan, listrik dinyalakan hanya pada malam hari. Maka baterai kamera pun harus full dan sebaiknya meminimalkan untuk menyalakan mp3 atau video handphone.

– Persiapkan fisik yang fit karena pantai yang sangat indah dengan pasir hitam dan pasir putih berjajar tanpa putus sepanjang perjalanan. Di antaranya, Pantai Tinggian, dan Kolongan di Kombi; Pantai Maengket, Makalisung; Pantai Sarmella, Waleo.

minahasa beach

– Karena informasi yang sangat minim tentang Ranowangko dan Toloun, hubungi penduduk setempat agar bisa mendapatkan keterangan sebanyak-banyaknya serta bisa mendatangi banyak pilihan destinasi.

– Bagi pelancong muslim tak akan kesulitan untuk mencari makan. Sebab, ikan banayk tersedia di lokasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s