Dari Mana Asal Suku Using di Banyuwangi?

timbul

Banyak versi tentang sejarah suku Using. Sesepuh orang Using di Kemiren, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur Djohadi Timbul berkisah sebutan itu akibat dari salah paham.


Menjelang petang, Setiawan Subketi memenuhi janjinya. Dia mendatangkan sesepuh Using, Djohadi Timbul, ke Sanggar  Genjah Arum.

Dia sesepuh orang Using di Banyuwangi. Kami ngobrol santai di Sanggar Genjah Arum yang mempunyai tujuh rumah adat Using.

“Jaman dulu di tanah ini ada perang era-ero. Perang Belanda tinggal sakjodo, Jawa tinggal separo,” kata pria 7 tahun itu membuka cerita. Dia menyebut kalimat itu sebagai Keroto Boso, parikan (pantun Jawa).

“Karena tak lagi punya kekuatan utuh, Belanda ingin pulang. Tapi mereka tak mau pulang begitu saja. Mereka masih ingin menuntaskan dendam. Semua orang dikumpulkan di suatu area.

“Dalam rombongan itu ada orang Bali, orang Jawa, orang Banyuwangi, campuran dari mana-mana pokoknya. Lalu orang-orang Meneer itu bilang, “kami mau tembak mati orang Bali, kami dendam kepada I Gusti Ngurah Rai”.

“Mereka serentak menjawab, “using Pak, sing ngelawan”. Di sini, using atau sing itu artinya tidak atau bukan. Nah, Belanda menjawab, “ooooo semua ini orang Using”. Sejak itu orang Bayuwangi disebut orang Using,” beber Djohadi kemudian tertawa.

Menilik sejarah tersebut, orang Using bukanlah satu ras tertentu. Tapi kumpulan orang-orang dari berbagai suku.

“Jadi bisa saya katakan semua orang Banyuwangi itu orang Using. Tapi pada perkembangannya, yang masih kental dengan adat orang using ya di Kemiren ini,” jelas bapak tiga anak itu.

Desa Kemiren memang menjadi jujugan para pelancong sejarah. Rumah menjadi bukti otentik adat masih dijalankan. Pesta, pelaksanaan upacara adat dijalankan di hari penting mereka, tidak setiap hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s