Singgah di Kuil Relik Gigi Buddha dan Lonceng Harapan di Singapura

IMG_7306

Kuil Relik Gigi Buddha di Singapura

Laga antara Chelsea dengan Inter Milan pada International Champions Club (ICC) bergulir Sabtu malam (29/7/2017). Sambil menunggu pertandingan bergulir, mampir kuil Buddha Tooth Relic dan sebuah kuil yang memiliki lonceng harapan.

Kuil Relik Gigi Buddha mencolok di antara bangunan yang ada di China Town. Bangunannya berukuran besar sampai tiga lantai dengan jalinan kayu yang didominasi warna merah.

Bangunan tetap mentereng meski bersaing dengan apartemen sebagai tempat tinggal penduduk Singapura. Apalagi, langit sangat biru waktu itu.

Kuil itu masih digunakan untuk beribadah. Malah saat saya dan rekan pewarta dari Jakarta menyambangi pada Jumat (28/6/207), pengurus kuil memberitahukan bakal ada ibadah tak lama lagi.

“Tidak apa-apa, berkeliling saja tapi jangan gaduh,” kata salah satu penjaga di dalam kuil.

Kuil ini menyimpan banyak patung Buddha. Menariknya, patung-patung itu memiliki miniatur yang ditata di seluruh dinding tepat di belakang patung berukuran besar.

Di sisi lain tersimpan patung Buddha raksasa. Nah, di depan patung itulah ibadah dilakukan.

Satu ciri khas kuil ini bisa dilihat pada lantai tiga. Jangan khawatir, ada lift agar pengunjung tak perlu susah-susah naik tangga ke lantai tiga. Kuil ini memiliki salah satu relik gigi Buddha. Ruangan itu juga digunakan untuk meditasi.

Sayangnya, pengunjung dilarang memotret. Gigi Buddha itu disimpan dalam rungan lain yang dibatasi dinding kaca. Kuil itu memajang dua lembar foto gigi dengan skala lebih besar.

Masih di kawasan China Town, berdiri kuil Tao, Thian Hock Keng. Kuil ini memiliki lonceng harapan. Tinggal membunyikan lonceng, lempar koin ke sumur. Kemudian make a wish.

Tidak sulit kan?

Kalau lapar setelah berkeliling, deretan streetfood berada tak jauh dari kuil Tooth Buddha Relic. Juga kios-kios makan yang berada di dalam bangunan tua.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s